Halaman

Minggu, 08 April 2012

Web Semantik: Ontology dan OWL


Dalam web semantik ontology merupakan konsep yang menggambarkan hubungan ensitas atau konsep yang menggambarkan hubungan antara penyimpan. Ontology menunjukkan hirarki kelas dan sub kelas untuk suatu entitas objek. Ontology digunakan untuk melakukan penalaran yang kuat, ontology ini dimodelkan menggunakan Web Ontology Language(OWL).

OWL digunakan ketika informasi yang terdapat pada dokumen atau artikel perlu diproses oleh aplikasi, ini berbeda dengan situasi dimana konten hanya perlu ditampilkan kepada pengguna. OWL dapat digunakan secara eksplisit mewakili arti dari istilah dalam kosakata dan hubungan antara istilah tersebut.

OWL memiliki fasilitas lebih untuk mengekspresikan arti dan semantik dibandingkan dengan XML, RDF, dan RDF-Schema dengan demikian OWL melampaui bahasa-bahasa tersebut untuk mewakili penafsikan ke mesin dari konten web.

Kenapa OWL?

Web semantik akan membangun kemampuan XML untuk mendefinisikan skema tagging dan RDF untuk pendekatan secara fleksibel untuk mewakili data. Web semantik membutuhkan bahasa diatas bahasa RDF yang merupakan bahasa ontology yang dapat menggambarkan secara formal istilah yang digunakan dalam dokumen web.

OWL telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan bahasa ontology web dan bagian dari rekomendasi W3C terkait dengan web semantik



Referensi:
  • http://thesemanticway.wordpress.com/2008/11/11/owl-ontology-example/
  • http://www.w3.org/TR/owl-features/
  • http://www.w3.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar