Halaman

Kamis, 10 Oktober 2013

Mengenal E-Commerce



Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai E-Business, pada artikel ini akan dibahas mengenai E-Commerce lebih lanjut. Menurut wikipedia E-Commerce merupakan kegiatan pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti menggunakan media internet atau televisi.

Dapat disimpulkan bahwa E-Commerce adalah kegiatan dalam segala bentuk transaksi perdagangan atau perniagaan dengan menggunakan media elektronik. Seiring dengan perkembangan waktu E-Commerce berubah menjadi suatu aktifitas yang berfokus menjadi transasksi kegiatan barang atau jasa melalui media web.

Bagi pengusaha yang ingin memiliki usaha E-Commerce terdapat beberapa pilihan yang dapat digunakan seperti menggunakan jasa pembuatan web atau membuat web sendiri. Bagi yang ingin membuat web sendiri saat ini sudah banyak CMS E-Commerce yang dapat digunakan secara gratis seperti:
  1. PrestaShop (http://www.prestashop.com/)
  2. OpenChart (http://www.opencart.com/)
  3. Os-Commerce (http://www.opencart.com/)
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk atau kualitas web saja. Terdapat beberapa faktor yang termasuk faktor sukses dalam membangun E-Commerce:
  1. Menyediakan harga kompetitif
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan

- Referensi:

[1] http://eksa.blogstudent.mb.ipb.ac.id/files/2011/07/Penerapan-E-business.pdf
[2] http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar