Halaman

Kamis, 06 Oktober 2011

Pengenalan Internet


Internet merupakan salah satu bagian dari sebuah teknologi yang sudah bukan hal yang asing lagi, Apalagi sekarang bukan hanya kalangan tertentu saja yang mengetahui tentang Internet, tetapi hampir setiap orang seperti anak-anak, pengamen jalanan dan tukang ojek juga mengetahui atau pernah berselancar di dunia Internet, tetapi ketika ditanya tentang apa itu internet? dan apa arti dari internet kebanyakan orang masih binggung untuk menjelaskannya dengan baik dan benar.

Lalu, apa itu sebenarnya internet? berikut kutipan pengertian internet dari wikipedia :

"Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia."

Bisa disimpulkan bahwa Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung guna mendapatkan informasi tanpa batas. Jika sudah mengetahui apa itu Internet, ada baiknya jika kita mengenal lebih jauh tentang Internet itu sendiri dimulai dari sejarahnya agar kita mengetahui bagaimana proses terjadinya Internet bisa digunakan oleh umum.

Awal mula Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. 


Awal tujuan proyek ini adalah untuk keperluan militer. Tidak lama proyek ini berkembang hingga ke seluruh daerah, dan semua universitas di negara Amerika ingin bergabung. Sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu proyek ARPANET dipecah menjadi dua yaitu MILNET untuk militer dan ARPANET untuk keperluan non-militer. Gabungan dari jaringan ini akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, kemudian disingkat dan lebih dikenal dengan sebutan Internet.

Internet ternyata juga mempunyai perlanan panjang dari awalnya untuk militer hingga sekarang dapat digunakan oleh semua orang. Tidak dapat kita pungkiri ada beberapa orang yang rela menghabiskan waktunya selama berjam-jam, mengeluarkan uang dan lain-lain untuk bisa bermain dengan Internet, bahkan ada yang menyatakan bahwa orang Indonesia banyak yang lebih memilih online dari pada nasi.

Mari kita terlusuri fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Internet sehingga membuat orang ketagihan:
  • WWW (world wide web)
Web dapat digunakan untuk mengakses berbagai macam informasi yang berupa teks, gambar, video, suara, (multimedia) dan lain-lain.
  • E-mail (Electronic Mail)
E-mail adalah surat elektronik, dimana proses pengiriman dan penerimaan  surat dilakukan secara elektronik dan cepat
  • Search Engine
Search engine adalah mesin pencari, yang dapat mencari informasi-informasi yang ada di internet dengan lebih mudah, hanya dengan mengetik kata kunci (keyword).
  • Video Conference
Video conference adalah fasilitas di internet yang dapat berbicara, sekaligus melihat lawan bicara secara langsung di layar monitor.
  • Mailing List / Forum / Jenjaring Sosial
Merupakan fasilitas untuk saling berdiskusi, mencari teman, sharing antar pribadi maupun komunitas.
  • File Transfer
Digunakan untuk mentrasfer file antar komputer dalam internet, seperti music, video, picture dll.

Okay, kita sudah mengenal mengenai apa itu Internet, asal dan sejarahnya dan juga tentang fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Internet. Tidak akan ada habisnya kalau kita terus membahas Internet apalagi Internet itu mempunyai cangkupan yang luas. Semoga sedikit coretan ini bisa bermanfaat untuk Anda.



--Referensi :