Halaman

Minggu, 07 November 2010

Peranan Keluarga Dalam Masyarakat

Keluarga merupakan sebuah bentuk unit kecil dari sebuah masyarakat yang terdiri dari 2 orang atau lebih yang terdapat ikatan secara resmi, dan fungsinya secara sosialisasi adalah mendidik anak agar menjadi masyarakat yang baik, ini kutipan yang saya ambil dari wikipedia tentang keluarga  
Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta: kula dan warga "kulawarga" yang berarti "anggota" "kelompok kerabat". Keluarga adalah lingkungan di mana beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah
Keluarga dianggap sebagai sebuah elemen sistem sosial yang akan membentuk masyarakat, Perbedaan gaya hidup, kultur serta adat istiadat setempat yang biasanya membedakan arti dan fungsi sebuah keluarga dalam masyarakat dan juga peradaban suatu bangsa dipercaya sangat tergantung oleh struktur dan interaksi antar keluarga di dalam masyarakat.

Masyarakat yang merupakan bentuk dari sekelompok orang dan keluarga yang membentuk suatu sistem yang sebagian besar interaksi adalah antara sekelompok orang, individu-individu dan keluarga dalam kelompok tersebut. Keluarga dan masyarakat merupakan bagian dari sosial yang tidak dapat dipisahkan, karena keduanya mempunyai kaitan yang erat dan saling ketergantungan.


Dalam keluarga akan menghasilkan individu yang bersentuhan dengan berbagai gejala sosial dan mengembangkan kapasitasnya sebagai anggota keluarga, dan peran masyarakat juga mempengaruhi pergaulan dan gaya hidup individu-individu yang terdapat pada keluarga.

Manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, saling membutuhkan dan berinteraksi antara sesamanya dan juga menjalin hubungan demi terciptanya generasi penerus, dan juga dalam keluarga akan menghasilkan rasa aman, kasih sayang, perhatian yang membuat menjadi harmonis.


Referensi:
  • http://achmadsaugi.wordpress.com/2009/12/11/individu-keluarga-dan-masyarakat/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Keluarga
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar