Halaman

Sabtu, 06 November 2010

Pemuda dijaman Globalisasi

Masa remaja atau masa adalah masa-masa yang paling indah, jika di ibaratkan matahari masa muda diibaratkan dengan matahari jam 12 siang begitu bersinar, terang dan juga panas. Remaja baisa dikenal juga dengan sebutan pemuda, jadi apa itu remaja ini kutipan yang saya ambil dari wikipedia mengenai remaja

Remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Pada masa remaja manusia tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat pula disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa.
Pada jaman globalisasi ini yang merubah style dunia dan juga memaksa negara-negara berkembang untuk merombak aset-aset yang dimiliki baik berupa sumber daya maupun kultur atau budaya yang telah ada, tidak hanya berdampak pada masyarakat tapi globalisasi ini juga berdampak pada pemuda.

Globalisasi memberikan berbagai macam dampak bagi kaum muda termasuk dampak positif maupun negatif. Sebagai contoh dampak dari globalisasi adalah kemajuan teknologi yang sangat pesat, internet yang memudahkan mengambil informasi dan lain lain, ini terhihat baik namun berdampak negatif juga pada remaja yang membuat malas untuk bersosialisasi dengan orang lain rasa malas bersosialisasi ini akan menimbulkan rasa egois pada remaja.


Tidak hanya berpengaruh pada sosial remaja tapi juga cara berfikir mereka dengan semakin pesatnya trend kapitalisasi elite tertentu yang membuat tempat-tempat hiburan dan acara acara tv yang tak bermoral berjamur dimana-mana akan mempengaruhi remaja secara langsung maupun tidak seperti eksistensi remaja hanya diberikan pengakuan ketika mereka yang masuk angota geng motor, menggunakan baju bermerk, pacaran, clubbing, ngedruks dan lain sebagainya.

Para remaja pada umumnya apabila sudah terjerat trend globalisasi sulit untuk keluar dari gaya hidup tersebut ini dikarenakan pergaulan yang akan membujuk untuk mengajak terus lebih dalam dan mempengaruhi cara berfikir yang tadi dari budaya timur kini ke budaya barat yang liberal dan jauh lebih dalam, sampai akhirnya tidak bisa menolak disayangkan memang tapi kondisi ini yang terjadi sekarang

Globalisasi sudah datang dan sudah berdampak saatnya kita memilih yang baik dan menjauhi yang salah, ini memang tak semudah membalikkan telapak tangan jangan suruh orang untuk melakukan ini dan itu untuk menghadapi globalisasi ini tapi memulai dari diri sendiri dan kembalilah kepada ajaran-ajaranNya dengan begitu kita tidak begitu terpengaruh dengan globalisasi ini. orang-orang yang rakus dan serakah ini pun juga tau bahwa jika kita menyadari kebenaran yang sebenarnya maka rencana mereka akan hancur seketika.


Referensi:
  • http://edukasi.kompasiana.com/2010/09/24/globalisasi-dan-racun-seks-pada-remaja/
  • http://bit.ly/hhumu
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Remaja
  • Zeitgeist Movie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar