Halaman

Senin, 15 November 2010

Pertentangan Sosisal di Indonesia


Negri Indonesia mempunyai banyak keanegaragaman budaya dan juga keanekaragaman kultur yang diwarnai oleh persamaan dan perbedaan dalam berbagai hal dan juga terdapat pertentangan-pertentangan didalamnya. Sering juga kita temui pertentangan antar masyarakat yang terkadang sampai tak terkendali yang menyebabkan perpecahan.


Pertentangan yang mengakibatkan perpecahan jika semakin luas akan membuat negara menjadi tidak stabil dan membuat masyarakat yang berada disekitar konflik menjadi goyah, dan ketakutan.

Penyebab timbulnya pertentangan sosial pada dasarnya dikarenakan perbedaan keinginan dan pemahaman, ini sebenarnya sifat alami manusia namun apabila sifat ini tidak bisa dikontrol akan menimbulkan keegoisan dan keras kepala yang akan membuat perbedaan ini menjadi pertentangan dan perpecahan. Tidak hanya dalam hal ini pertentangan terjadi ketidak adilan hak akses sumber daya dan politik juga bisa menimbulkan pertentangan sosial.




Sebagai contoh pertentangan yang disebabkan oleh kebijakan negara misalnya kebijakan pemerintah kolonial belanda yang mengistemewakan golongan eropa dan tionghoa dan juga biasanya disebabkan oleh perasangka terhadap sesuatu dari seseortang atau masyarakat bahwa sesuatu itu buruk dengan tanpa kritik terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui bahwa pertentangan atau konflik memiliki pengeritan yang lebih luas dari pada yang biasa dibayangkan orang. dan juga untuk menyelesaikan atau mencari solusi agar tidak terjadi pertentangan sosial juga banyak dan berbagai macam caranya diantaranya adalah pendapat-pendapat yang bertentangan didiskusikan, dipertimbangkan dan juga ditelaah dengan keterbukaan dan saling menahan rasa keras kepala, egoisme dan pemaksaan kehendak agar mendapatkan keputusan yang memuaskan bagi semua pihak.


--Referensi :
  • http://wawan-satu.blogspot.com/2010/01/penyebab-konflik-sosial.html
  • http://guruhyogakomara.blogspot.com/2009/05/pertentangan-sosial-dan-integrasi.html
  • http://ocw.gunadarma.ac.id/course/letters/study-program-of-english-literature-s1/ilmu-sosial-dasar/pertentangan-pertentangan-sosial-dan-integrasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar