Halaman

Minggu, 04 Maret 2012

Web Semantik dalam Pariwisata



Teknologi informasi menjadi komponen yang penting dalam berbagai bidang, termasuk dalam dunia industri pariwisata. Pariwisata berbasis teknologi informasi dikenal sebagai e-tourism(IT-enabled tourism). Pariwisata dianggap sebagai salah bidang yang cocok untuk penerapan Web Semantik karena banyaknya sumber informasi dan pertukaran data yang terlibat didalamnya seperti promosi, pemasaran, dan penjualan produk.

Keuntungan dari menggunakan Web Semantik dalam pariwisata adalah:
  • Dapat mengorganisasikan dan melakukan sharing informasi pariwisata.
  • Menyediakan keseragaman terhadap data dan layanan sistem informasi pariwisata.
  • Memungkinkan integrasi lebih baik antar sistem informasi pariwisata baik dalam perusahaan itu sendiri maupun dengan perusahaan pariwisata lainnya.

Penerapan Web Semantik dalam domain e-tourism telah dilakukan dalam beberapa proyek di Eropa, Seperti Harmonise platform yang mengkombinasikan beberapa teknologi seperti otologi, mediasi, dan anotasi semantic dari data. Terdapat juga HI-TOUCH(E-organisational methodology and tools for Intra-European sustainable TOUrism) yang bertujuan untuk mengembangkan software yang akan digunakan oleh agan travel untuk menyediakan informasi kepada wisatawan yang dibagun menggunakan teknologi Web Semantik.

Teknologi Web Semantik dapat dimanfaatkan di bidang pariwisata yang memungkinkan promosi, penjualan suatu paket lebih lengkap dan terpadu. Dengan adanya aplikasi portal pariwisata yang menggunakan teknologi Web Semantik maka wisatawan dapat mencari informasi paket wisata dari satu applikasi sehingga tidak perlu menggunjungi banyak website.


Referensi:
  • http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/1195/1022
  • id.wikipedia.org/wiki/Web_semantik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar