Halaman

Minggu, 03 April 2011

Manusia dan Keadilan

Keadilan merupakan keinginan bagi seuruh manusia, Keadilan juga memberikan keindahan bagi semua yang merasakannya, Namun kenyataannya ketidak adilan merajalela dan berada dimana-mana dan sebagian orang menanggapnya hal yang biasa-biasa saja. Lalu apa itu sebenarnya keadilan dan mengapa keadilan itu menjadi keinginan bagi setiap individu manusia dan mengapa bisa terjadi ketidak adilan. Berikut kutipan pengertian keadilan menurut wikipedia


Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai suatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, Keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar.

Menurut saya peranan keadilan bagi kehidupan sosial dan budaya itu sangat penting karena keadilan itu seperti menempatkan segala sesuatu pada tempatnya. Namun ada beberapa orang yang menyatakan bahwa kita tidak hidup didunia yang adil. Mungkin ini juga yang membuat sebagian orang menganggap sebuah ketidak-adilan adalah sebuah hal yang biasa saja.

Walaupun ada beberapa orang yang menyatakan kita tidak hidup di dunia yang adil atau dunia ini tidak adil, tetapi keadilan perlu ditegakkan dan ketidakadilan harus dilawan oleh hukum. walaupun hukum sudah lama ada bukan berarti ketidakadilan hilang ini yang membuat sebagian orang melakukan tindakan main hukum sendiri.Tindakan tindakan seperti pemulihan nama baik dan bersikap jujur.

Untuk menegakkan keadilan pada dasarnya kembali kepada diri kita sendiri yaitu mulai bersifat adil dan menaruh segala sesuatu pada tempatnya. karena bagaimanapun hukum yang dibuat oleh manusia seperti demokrasi ada lemahnya dan tidak sempurna seperti hukum buatan Tuhan. Semuanya kembali kepada diri anda sendiri.


--Referensi
  • http://www.elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_budaya_dasar/bab7-manusia_dan_keadilan.pdf
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Keadilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar